Mengatasi Stres Karena Pekerjaan

Stres karena pekerjaan yang super sibuk itu sudah biasa terjadi. Berikut ini ada resep-resep untuk mengatasi stres karena pekerjaan:

  • Atur dengan baik rencana kerja Anda. Apa target kerja Anda hari ini, kapan waktu pengerjaannya, siapa saja yang bertanggungjawab dengan tugas tersebut, harus Anda atur sebelum Anda memulai kerja. Sehingga tugas Anda jelas, dan dapat terselesaikan tepat waktu tanpa tertunda dan menumpuk.
  • Berusaha mencari solusi untuk setiap masalah kerja yang Anda hadapi. Sehingga setiap masalah memiliki pemecahan, agar tidak menumpuk menjadi beban besar dalam diri Anda.
  • Bangun suasana kerja yang menyenangkan. Baik hubungan yang menyenangkan dengan rekan kerja, maupun menciptakan kondisi menyenangkan di lingkungan ruangan kerja Anda. Usahakan ciptakan ruangan kerja yang sirkulasi udaranya mencukupi, cahaya yang cukup terang, dan bebas dari kebisingan yang dapat mempengaruhi kenyamanan kerja Anda.
  • Tanyakan kepada pimpinan maupun rekan kerja Anda, jika Anda tidak mengerti dengan tugas yang Anda peroleh. Hal ini untuk mengurangi turunnya motivasi kerja yang sering muncul ketika seseorang menemukan jalan buntu karena tidak mengerti tugas kerja yang mereka peroleh.
  • Lakukan kegiatan kecil untuk merefresh pikiran Anda. Kegiatan ini bisa Anda lakukan dengan sekedar berdiri atau berjalan sebentar keluar ruangan, untuk menyegarkan pikiran Anda yang sudah mulai lelah dengan pekerjaan.
  • Sisihkan waktu Anda untuk menyempatkan diri dengan berolahraga. Karena kegiatan tersebut dapat meningkatkan kekuatan fisik kita, serta memperlancar aliran darah pada tubuh Anda. Sebab kesehatan fisik yang sehat, juga berpengaruh besar terhadap kesehatan jiwa Anda.
  • Dalam satu minggu sisakan satu hari libur bagi Anda. Hari libur sebaiknya jangan diisi dengan bekerja, lebih baik gunakan untuk melakukan kegiatan yang Anda senangi. Misalnya memancing, mendaki gunung, berlibur ke pantai, atau sekedar piknik kecil di halaman rumah bersama keluarga. Kegiatan ini dapat megurangi tekanan serta beban pikiran yang dapat menyebabkan stress kerja.
  • Lakukan kegiatan social atau keagamaan, diluar lingkungan kantor Anda. Sehingga Anda dapat berinteraksi dengan rekan baru dan lingkungan yang baru pula. Hal ini untuk mengurangi rasa jenuh pada lingkungan kerja.
Lihat juga artikel MaaciH yang lain ya...
MaaciH lho yaach Uda Mampir

0 komentar on Mengatasi Stres Karena Pekerjaan :

Posting Komentar